Sabtu, 01 Oktober 2016

#UPERP8-T03D GITBOOK

hai semua,


Kembali saya mau menyelesaikan Tugas terakhir ( #UPERP8T03D Membuat Akun Gitbook di PC / Laptop, Membuat Team / Join Team dan me-Review tentang Gitbook ) pada tugas ke-3 dari mata kuliah ERP saat ini.

Baiklah, mari kita mulai selesaikan Tugas terakhir ( keempat dari 4 tugas yang diberikan pak dosen ) pada Tugas ke-3 kali ini, yaitu :
#UPERP8T03D Membuat Akun Gitbook di PC / Laptop, Membuat Team / Join Team dan me-Review tentang Gitbook

Untuk pertama kali adalah karena saya telah menerima undangan dari teman kelompok VI Belajar ERP yang telah lebih dulu memiliki akun Gitbook dan telah saya konfirmasi melalui e-mail, seperti gambar dibawah ini :


maka selanjutnya saya buka browser web di laptop untuk coba sign up / sign in ke Aplikasi Gitbook.

 setelah saya masuk pada aplikasi Gitbook, saya tidak buat akun Gitbook baru tapi saya langsung klik sign in dan saya langsung diarahkan ke jendela berikutnya seperti gambar dibawah ini :

lalu saya coba klik Sign in with Google seperti pada gambar diatas.

Selanjutnya karena saya sudah mendapatkan undangan / invite dari teman sekelompok saya di Kelompok VI belajar ERP , yaitu Odoo Macan Jaya dan saya sudah mengkonfirmasinya melalui e-mail, maka saya diarahkan ke halaman Dasboard Gitbook saya.
seperti terlihat diatas, kalau Team atau Kelompok yang saya ikuti sudah memiliki 2 books.

Selanjutnya saya mulai menelusuri Aplikasi Gitbook ini. Berikut yang dapat saya tuliskan untuk sekedar berbagi pengalaman.

1. Saya coba mengakses Profil saya.
terlihat pada gambar diatas, ada beberapa pilihan untuk kita telusuri sari Your Profile, Your Star, Account Setting, + New Organization dan Sign Out.

2. Lalu saya coba klik tab +New
dan inilah tempat kita membuat buku baru dan untuk dapat berkolaborasi dengan rekan, teman dan orang lain untuk dapat bergabung dalam kelompok / group yang kita akan buat.

3. Tab Notifikasi
seperti gambar diatas. Kita dapat melihat berbagai notifikasi yang ada.

4. Cara Create Book dan untuk berkolaborasi dengan Team yang ada ataupun untuk mengundang orang atau personel baru lainnya.
seperti gambar diatas, klik Book & Manual, lalu isi kolom Title sesuai keinginan dan tambahkan Deskripsi pada kolom Description ( optional ), bila diinginkan. Setelah itu klik Create Book.

Dan kita akan dibawa ke halaman buku yang telah kita buat, seperti gambar dibawah.



Baiklah teman, sampai situ dulu penelusuran saya mengenai Gitbook.
Kiranya teman-teman bisa mencobanya sendiri yaa...
Semoga bermanfaat...


Salam,
Tania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar